MANFAAT AIR BAGI TUBUH

Tubuh manusia terdiri dari 55 – 65 persen air. Konsentrasi air banyak ditemukan didalam bagian tubuh manusia seperti di otak memiliki komposisi air sekitar 70%, darah sekitar 82 %, dan paru-paru sekitar 90%. Air mendominasi komposisi tubuh kita karena air berperan penting di dalam semua sel tubuh. Sel dalam tubuh seperti  kantong kecil berisi air dengan sedikit protein di dalamnya. Air berperan penting bagi semua jenis sel, dari sel kulit hingga sel otot. Karena melalui airlah semua nutrisi dan protein didistribusikan secara bebas ke seluruh organ tubuh.

Kebutuhan air atau  cairan didalam tubuh sangat tinggi sehingga manfaat air dalam tubuh kita tentu tidak dapat digantikan oleh apapun. Cairan dalam tubuh didapatkan dengan cara mengkonsumsi air putih yang cukup. Air Putih yang mengandung alkali dengan  PH tinggi merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Saat ketika haus kita cenderung lebih memilih minuman yang tidak ada manfaatnya, baik untuk tubuh maupun dalam upaya mengatasi rasa haus itu sendiri. Karena sensasi kesegaran, kita  kadang memilih berbagai minuman olahan yang mengandung soda sebenarnya berbahaya bagi tubuh seperti softdrink .

 

Manfaat Air

Manfaat Air Manfaat air bagi tubuh manusia memang tidak perlu disangsikan lagi, berikut beberapa manfaat air dalam tubuh yang berfungsi vital bagi kelangsungan hidup manusia.

  1. Menghilangkan aus atau dehidrasi

Manfaat air yang paling utama didalam tubuh manusia adalah menghilangkan rasa aus. Kekurangan air atau cairan dalam tubuh mengakibatkan tubuh menjadi lemas, hilang konsentrasi  bahkan bisa pingsan.

  1. Memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh

Minum air yang cukup akan membantu memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga membantu membawa nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mengeluarkan racun, membantu proses pencernaan dll.

  1. Menurunkan berat badan

Mengkomsumsi air yang banyak akan membuat tubuh jadi kenyang sehingga tubuh mengkomsumsi kalori lebih sedikit yang berdampak pada penurunan berat badan.

  1. Manambah energi

Dengan mengkomsumsi air yang cukup, otot tubuh  akan bekerja optimal sehingga akan menghasilkan energi bagi tubuh.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Air yang kita minum dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

  1. Menghaluskan kulit dan wajah

Air diminum dapat membantu kelembaban kulit, membuat kulit jadi segar, lembut, bercahaya dan halus.  Konsumsi air  dapat meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat  yang akhirnya dapat membuat kulit halus dan cerah.

  1. Memelihara fungsi ginjal

Penyebab utama penyakit batu ginjal adalah kekurangan cairan atau istilahnya kurang minum. Ginjal dalam tubuh memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring dan mengangkut urin ke kandung kemih.  Ginjal membutuhkan air atau cairan yang cukup untuk membersihkan ginjal dalam tubuh.

  1. Membuat awet muda

Minum air yang cukup juga dapat membuat manusia awet muda. Karena air yang kita minum akan mengeluarkan racun dalam tubuh dan  dapat mengencangkan kulit serta mengecilkan pori pori . Rahasia awet muda para selebritis Indonesia ataupun dunia adalah dengan meminum air putih secara teratur dan cukup.

  1. Memelihara fungsi otak

Dengan meminum air  minimal 2 litter sehari dapat meningkatkan fungsi otak. Air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.

10 Mengobati sakit demam

Minum air yang cukup ketika sakit demam secara rutin akan membuat tubuh kita sering buang air kecil  sehingga menurunkan suhu dan demam pada tubuh.

11.Mengobati berbagi penyakit

Dengan minum air yang cukup dan mengandung alkali dengan PH tinggi dapat mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.

12.Memperlancar peredaran darah

Minum air yang cukup dapat membantu  mempelancar sistem peredaran dan transportasi darah didalam tubuh manusia.

Ahli kardiologi dari amerika serikat Dr. James M. Rippe menganjurkan untuk minum paling sedikit 1 lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Karena kehilangan 4% cairan dalam tubuh akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%. Bisa dibayangkan jika tubuh kita kehilangan 7%, maka kita akan merasa lemah dan lesu.

Ketika tubuh kita banyak melakukan aktivitas, air akan lebih banyak terkuras dari tubuh. Orang yang tinggal di negara tropis energi yang dikeluarkan lebih banyak. Oleh sebab itu pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus. Dianjurkan agar kita membiasakan banyak minum apakah sedang haus atau tidak karena akan membuat tubuh menjadi sehat.

PENCARIAN DARI GOOGLE:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *